Product Tactic in Marketing



Kemarin lusa, saya mengikuti privat bisnis 30 menit yang diajarkan mas rex marindo (salah satu pendiri upnormal group) sebelum seminar sedekah ilmu. saya bersama 3 rekan lainnya mendapat ilmu baru tentang betapa penting guidelines atau pedoman dalam marketing, fokusnya yaitu ke produk tactic. kebanyakan pebisnis karena tidak punya pedoman, seringkali bingung dan tidak bisa mikir dengan benar pada tahap-tahap marketing termasuk saya hahaha

Tugas pertama yang diperintahkan oleh mas rex saat mengajari kami yaitu diawali dengan membuat fokus terhadap tactic produk brand kuliner "rumah makan padang", sekitar 3 menit kami semua mengerjakan dan hasilnya semua sama yaitu membuat varian produk, sebenernya tidak salah namun kebanyakan kami bingung karena tanpa memiliki pedoman marketing yang baik dan benar.

Pencerahannya tentang product tactic in marketing, yaitu tidak hanya bicara tentang varian produk saja, namun ada 15 komponen dalam menentukan produk tactic, walaupun belum tentu semua komponen sesuai dengan brand yg akan dibahas, komponen tersebut diantaranya :

1. Quality, yaitu keunggulan yang dimiliki oleh produk.                                                          
Misalkan : Kualitas Bagus x Harga Bagus = Brand Hp Samsung, lalu Kualitas Bagus x Harga Murah =  Air Asia, dan contoh dibidang kuliner Bebek Sambal Khas Karmila = Kualitas Bagus + Harga murah satu box paket bebek hanya 25ribu.

2. Variant, disebut juga bauran produk merupakan satu set produk dan unit produk yang ditawarkan, misalnya contoh kasus awal tadi restoran padang, terdiri dari : ayam pop, rendang, telor, sambal, sayur singkong, gulai dsb.

3. Technology, apakah produk yg dibuat mengandung teknologi, misalkan sekarang beli pulsa sudah bisa melalui aplikasi gojek, jika tidak bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi akan tertinggal.

4. Size, spesifikasi ukuran juga sangat perlu diperhatikan dalam keperluan konsumen, misalkan air minum aqua diantaranya aqua ukuran kecil, sedang, besar hingga ke ukuran paling besar yaitu galon.

5. Benefits, bicara manfaat setiap produk umumnya memiliki manfaat, obat-obatan sudah pasti, lalu misalkan minyak? jelas ada juga manfaatnya rendah kolesterol, bisa diminum, 2x penyaringan dsb

6. Usefullnes, menciptakan nilai suatu produk suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen. Nilai kegunaan (Utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis. 

7. FeatureApakah produk atau jasa Anda memberikan fitur-fitur unik yang tidak ada di pesaing?

8. Ingredient, dari segi bahan yang bagus untuk suatu produk juga menghasilkan produk yg memiliki kualitas yang bagus, perlu dengan detail bahan apa saja yang digunakan.

9. Design, merupakan atribut produk yang menjadi identitas dari mulai logo, hingga desain produk.

10. Name, nama merupakan merek atau atribut produk yang diharapkan dapat memberikan identitas dan diferensiasi terhadap produk pesaing.

11. New Category, produk baru merupakan barang dan jasa yang pada dasarnya berbeda dari yang telah dipasarkan sebelumnya oleh perusahaan. Produk baru mencakup dari produk baru di dunia (new-to-the-world products) yang menciptakan pasar yang baru, pengembangan minor pada produk, maupun revisi pada produk yang ada.

12. Personality, merupakan karakter khusus yang dimiliki oleh brand, tentunya karakter ini yang membedakannya dari brand pesaing. Kalau brand tidak memiliki personality, tentunya tidak akan ada hal yang membuatnya spesial. Brand yang memiliki personality berpeluang untuk lebih dikenal dan diingat oleh para audiens. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan brand personality

13. Identity, bisa berupa tagline atau logo, atau apapun yang wujudnya dapat dilihat.

14. Volume, dalam produk aqua misalkan volume isi air, dsb perlu di detailkan karena secara tidak langsung bisa juga mempengaruhi seberapa besar volume penjualan

15. Private Brand, atau merek pribadi adalah merek yang dimiliki oleh distributor atau pedagang dari produk atau jasa, ini merupakan bentuk inovasi dari para pengecer yang diposisikan sebagai produk yang terjamin mutunya dengan harga terjangkau yang menggunakan merek dari pengecer. Private label memberi keuntungan bagi retailer yang merupakan bentuk strategi diferensiasi, membangun loyalitas konsumen terhadap toko, dan membantu meningkatkan penjualan. Bagi konsumen, produk private label memberikan manfaat berupa banyaknya pilihan produk.

Nah, setelah kita tahu pedoman dan bagaimana langkah tentang membuat product tactic in marketing, untuk rekan-rekan yang ingin pedoman excel creative sales tacticnya bisa tulis di komen dan sertakan alamat emailnya ya, atau bisa langsung hubungi ke email saya faldi.adisajana@citarasaprima.com

Semoga Bermanfaat.

Komentar

Posting Komentar